Rafting Bah Bolon, 4 Jam Menyusuri Jeram nan Asri

Sei Bah Bolon, salah satu sungai yang terletak di Kabupaten Serdang Berdagai, Sumatra Utara. April 2015 saya beserta 4 orang teman mencoba arung jeram disana. Perjalanan kami tempuh kurang lebih 2 jam sampai daerah Tebing Tinggi, dilanjutkan 1 jam perjalanan ke dalam melalui jalan sawit yang sedikit rusak.

Saking bersemangatnya kami berangkat dari Medan jam 6.30 pagi dan sampai disana jam 9.30. Ternyata kami harus menunggu rombongan lain sampai jam 11. Saran lebih baik berangkat dari Medan agak siang, karena biasanya mereka mulai trip jam 11an.

Dari tempat daftar di Arung Jeram Ancol (cp: 08126464770), kami naik truk bak terbuka selama 40 menit sampai ke hulu sungai. Beberapa perahu ban disiapkan, total ada 6 perahu di trip ini dengan isi 5-6 orang. Bila kita kurang dari 5 orang, biasa kita akan digabung dengan kelompok lain.

DSC09019 copy

Ali-Mutek-Dewi-Laura-Aldo Siap berangkatt!!!

Setengah jam perjalanan kita akan menemui air terjun yang lumayan tinggi dan asyik untuk main air. Sisi dekat air terjun dangkal dan bisa untuk berenang.

Hampir sepanjang jalan kita akan melewati tebing-tebing penuh pepohonan. 2 jam pertama beberapa jeram dilewati, namun lebih sering kita melalui air yang tenang. Menceburkan diri ke air yang dingin dan mengapung mengikuti arus pun menyenangkan. Semakin akhir jeram semakin banyak, ada yang bisa sampai (sengaja) ‘menggulingkan’ perahu.

DSC09024 copy

DSC09108 copy

Yang aku suka adalah pepohonan di kiri-kanan sungai yang masih rimbun dan menyegarkan

DSC09098 copy

Tebing batu rata. Tebing ini terjadi alamiah tanpa dibentuk loh. Cool!

Tebing batu rata. Tebing ini terjadi alamiah tanpa dibentuk loh. Cool!

DSC09134 copy

Menurut saya, 4 jam waktu yang cukup lama untuk rafting, apalagi jeram yang dilalui tidak terlalu banyak. Tapi air terjun dan batu lompat menjadi bonus menarik.

Rafting ini bisa jadi alternatif berakhir pekan, atau tempat melepas stress bisa anda yang memiliki waktu seharian.

Budget :

– Transport : mobil pribadi bensin +/- Rp 150.000,- pp
– Arung jeram : Rp 180.000,-/orang
Fasilitas : Sewa Peralatan (Pelampung / Life Jacket , Helmet, Pedal), dan 1x Makan
(nb: sebaiknya makan dulu sebelum rafting, atau bawa snack untuk di jalan. Perut kosong membuat 4 jam terasa menyiksa di akhir-akhir, lol)

“Nasi…! Bungkus…! Nasi…! Bungkus…!” ;D

Advertisements