Bira Island, Surga Kecil di Utara Ibu Kota

Kesumpekan, kemacetan, dan polusi selalu membayangi Jakarta. Siapa sangka, 3,5 jam dari sana ada gugusan pulau-pulau kecil yang masih indah dan cukup alami?

Ya, Kepulauan Seribu namanya. Jumlahnya memang bukan seribu, hanya 108 pulau. Salah satunya adalah Pulau Bira, pulau kecil tempat kami menghabiskan waktu selama 3 hari minggu lalu.

Gue waktu itu mendengar dari seorang teman, mengoogling, dan voila! Ketemulah kontak Pak Man, salah seorang warga yang mengelola pulau itu. Ga pake lama kami lalu menyepakati harga paket 3 hari 2 malam untuk 8 orang, Rp 650.000,-/orang all in (kapal pp, makan 6x, cottage 2 malem, perahu kecil untuk keliling, alat snorkel, dll). Not badlah untuk sekali trip yang tinggal tahu beres, maklum sekarang waktu libur terbatas jadi ga bisa serandom dulu.

Processed with VSCOcam with g3 preset

Day 1, 31 July 2014

Tepat jam 7 kami sudah sampai di Muara Angke. Uh wow ramenya! Desek-desekan mau naik kapal, kadang dorong-dorong di tengah genangan air hitam berbau amis, yekh! Seorang petugas berusaha mengatur massa yang menggila, salut deh sama si bapak yang pantang menyerah walau sudah teriak-teriak pake toa sampai mukanya merah padam. Kacau beut, maklum animo libur lebaran yang cuma ada setahun sekali.

Jam 7.20 kapal berangkat, melaju membelah laut yang berubah warna dari abu-abu, coklat, hijau, sampai akhirnya biru laut yang menyegarkan. Yey! 3,5 jam menuju Pulau Harapan tidak terasa sia-sia, walau ada bonus adegan muntah berjamaah sebuah keluarga yang sukses membuat semua penumpang ikutan mual, Iklas yang agak ganteng pun sampe ijo mukanya liat si anak kecil rewel, heheu. Pulau Harapan besar dan sudah banyak dibangun seperti kota, saran sih mending jangan menginap disana untuk yang suka ketenangan. Pulau Pari pun penuh dengan para backpakers yang ingin nenda, so pulau-pulau kecil seperti Bira lebih recommended karena disana tidak boleh nenda, jumlah pengunjungnya pun terbatas.

Processed with VSCOcam with g3 preset

Selfie dolo~ The team this trip are : Bila-Rheza-Ikhlas Bintang-Dwika-Michael-Laura-Ivan

Dari Pulau Harapan kami melanjutkan perjalanan menggunakan perahu kecil menuju Pulau Bira (+/-30menit). Ketika sampai pulaunya oke bangett! Bersih, sepi, lautnya biru toska, pasir putih, dan cottage kayunya luas n nyaman. Asoy geboy buat rileks brow! Ga lama setelah sampe makan siang langsung terhidang. Nasi, sayur, lauk dan ikan. Nyumm.. Sambal terasi semakin menambah kenikmatan makan siang kami.

The cottages

The cottages

Selesai makan kami langsung naik perahu kecil menuju spot-spot snorkeling. Spot pertama terletak dekat Pulau Perak, dangkal dan karangnya kecil-kecil. Sepertinya memang untuk pemula/orang yang ga bisa renang. Spot kedua ada di Pulau Bintang, yang ini lebih dalam dan bagus. Menyesal tidak bawa kamera underwater, cantik padahal dunia di bawah. 😀

Perahu kecil tuk keliling-keliling

Perahu kecil tuk keliling-keliling

IMG_7399 copy

Snorkeling!! Airnya segar sekali <3

Snorkeling!! Airnya segar sekali ❤

 

IMG_7391 copy

Jernihnya air, bawa kamera underwater sangat disarankan!

Puas snorkeling beberapa jam kami mampir di Pulau Bintang untuk bersantai sejenak sambil menikmati sunset. Untung masnya baek kita boleh ngutang, ga ada yang bawa duit coba,, hahaha.

Selesai keliling sampai hari gelap kami pun kembali ke cottage untuk makan malam. Janjinya sih ada bbq, tapi nelayan2 pada libur lebaran juga, gagal deh bakar-bakarannya :/

Swing! Swing on the beach!

Swing! Swing on the beach! #PulauPerak

IMG_7502 copy

 

Day 2, 1 August 2014

Ga ada yang kebangun sunrise, menjelang siang semua baru keluar cottage dan berendam santai dekat dermaga. Keliling pulau juga opsi menarik, ada pengembangan bakau di sisi satunya, pantainya pun lebih bersih dan lengang.

IMG_7660 copy

Dermaga satunya

IMG_7646 copy

IMG_7783 copy

Berendam santai sambil main air depan cottage

IMG_7621 copy

Deket dermaga ada kapal karam. Cool!

Selesai makan siang kami berangkat snorkeling lagi. Kali ini tempatnya seru! Letaknya di Karang Sepa Besar, ombaknya ga main-main! Cuci kaca mata bentar langsung ketelen beberapa teguk air laut. Karangnya keren-keren, sangat recommended buat yang bisa berenang. Kata masnya kalau laut agak tenang kita bisa nyelam liat semacam palung besar yang dalam.

Berikutnya kita ke karang Pulau Macan. Disini lautnya tenang atas request beberapa teman. Tapi karangnya ga kalah bagus. Besar-besar, kita bisa nyelam nyelip di antara gugusan karang. Menyenangkan! 🙂

Lagi-lagi kita menikmati sunset di atas kapal, dan kembali ke pulau setelah hari gelap. Listrik pulau menyala dari 5.pm sampai 7.am. Lumayan buat ngecash elektronik. Selesai makan permainan UNO nyebelin yang ga boleh nyebut warna-angka dan aturan-0-rotate berlangsung beberapa jam. Sumpah kaga beres2 mainnya! Sabar yak Bil juara bertahan kita, hahahaha

Day 3, 2 August 2014

Last day! Pagi leha-leha, snorkeling dan main air sampai agak siang. Sekitar jam 10 kami dipanggil untuk naik kapal ke Pulau Harapan, dilanjutkan kapal besar ke Muara Angke. Byebye beach! It’s time to back to reality. *sigh*

See ya next trip!

Dermaga Pulau Bira, bye!

Dermaga Pulau Bira, bye!

Advertisements