Kepala Gurung, My Second Homeland

Ngebahas desa temen dari hulu ke hilir desa sendiri malah belum terbahas, haha. Perkenalkan kampung halaman kedua saya : Desa Kepala Gurung.

Desa Kepala Gurung terletak di Kecamatan Mentebah, sekitar 2 jam perjalanan darat dari Putussibau. Meskipun jalur menuju desa tidak seekstrim dan selama desa penempatan lain, banyak tempat indah yang menarik untuk dieksplor, terutama bagi yang suka ngebolang menjelajah rimba.

Penduduk disini mayoritas adalah Suku Dayak Suruk beragama nasrani. Biasa saya naik bus jalur lintas selatan dari Putussibau menuju simpang menaren (25k) dilanjutkan ngojek sampai desa (50k). Jalan ke dalam masih cukup jelek, naik-turun berbatu. Kadang suka ada ular atau kancil melintas di jalan sewaktu kita lewat, dulu bahkan babi hutan dan beruang pun turut memeriahi. Horor men kalau lewat malem-malem!

IMG_0078 copy

Perjalanan menuju desa

IMG_4084 copy

Langit biru~ awan putih~~ Pokoknya angkasa luas tak terhalang apapun itu menentramkan yaa

IMG_4024 copy

Kadang ada pelangi di kala senja. Cantik.

IMG_0643 copy

Sunset dari bukit desa sebelah

Ini nih beberapa tempat yang gue dan anak-anak gemari untuk jalan santai, pramuka, atau sekedar pelesir sambil bawa bekal:

1. Gurung Perangai.

Semua orang disini pasti tahu tempat ini. Gurung (artinya batu-batu besar) Perangai adalah tempat mandi-mandi favorit penduduk desa. Airnya yang super jernih plus bebatuan untuk tempat melompat menjadi hiburan yang menyenangkan. Seru banget loncat dari ketinggian 3 sampe 5 meter ke air. Jbyurrr!!! Segarnyo!!

3b copy

Go to Perangaii,, foto bareng dulu berlatar Bukit Sunan

Perjalanan melintasi hutan

Perjalanan melintasi hutan

Gurung Perangai yang super sejuk!

Gurung Perangai yang super sejuk!

OUOOO...!!!

OUOOO…!!!

2. Air Tiga

Disebut Air Tiga karena gugusan batu memecah aliran sungai menjadi 3 di titik ini. Tempatnya asik untuk kemping, apalagi kalau siang air di sela bebatuan jadi hangat terpapar sinar matahari. Berasa berendem di onsen.. -v-

3e copy

3f copy

Itu di tengahnya anget banget buat berendem

3. Gurung Makai.

Nah kalau yang ini jaraknya sekitar 8 km dari desa, lumayan peer jalan kaki kesana. Tapi tempatnya unik,, bebatuan besar yang berlubang-lubang dipecah aliran sungai deras. Ada juga anjungan yang asyik untuk landasan melompat ke air.

IMG_0285 copy

 

Masih banyak tempat-tempat menarik untuk dijelajahi seperti Pengkadan, Tanjung, Trans, dll. Tapi sepertinya gue penggemar air ya, jadi tempat favoritnya yang bisa dijadiin tempat berenang. Mungkin ada hubungannya dengan aquarius sebagai bintang gue #naon.

Terakhir, tempat favorit saya yaitu rumah semi-hostfam saya! Semi? Yap, karena selama setahun gue kekeuh tinggal di rumah dinas (2 PM sebelumnya punya hostfam) karena pengen bebas main sama anak-anak tanpa takut ganggu tuan rumah. Tapi sering numpang nginep di rumah sebrang sekolah, rumah Aldi dan Atut, 2 anak lucu dan pinter yang kalau gue ada duit suatu saat nanti pengen kuliahin mereka di Jawa. Ciao, hatur nuhun empu!

IMG_0823 copy

-Eded-Aldi-Ujang-Eneng-Atut-Gw-Mama Atut-Manda- (minus Suan abang Atut yang nyebelin n super jail ;p)

*Terima kasih telah membuat setahun saya terasa seperti liburan, dan menjadi rumah yang menyenangkan :)*

Advertisements