Phang Nga Day #2 – Wat Suwannakuha dan Raman Waterfall Natural Park

Masih tentang Phang Nga, salah satu kota di Thailand yang terkenal dengan Phang Nga Bay dan James Bond Islandnya..

31 Januari 2013

Keren! Kata pertama yang terlintas di kepala saat menjejakkan kaki memasuki Wat Suwannakuha, atau yang dikenal juga dengan Monkey Temple. Patung Budha emas raksasa melintang di separuh gua yang besar. Agak berlebihan, tapi menarik. Cukup membayar 20 baht/orang sebagai tiket masuk kesini. (Rp 6.000,-)Beberapa orang tampak berdoa. Suasana gua tenang dan adem, hanya sedikit turis yang berlalu-lalang sembari menjepretkan kamera mereka.

IMG_2566a

Pintu masuk gua

IMG_2388

Huge… Buddha Statue

Di ujung gua ada tangga, yang membawa kami menuju gua belakang. “WOWW!!!” Aku terpana memandang gua batu yang super besar itu. Jutaan stalaktit dan stalakmit terlihat luar biasa, apalagi ini kali pertama saya pergi ke gua seperti ini. Lampu sorot menerangi gua di beberapa titik, membuat detil-detil bebatuan terlihat jelas. Herannya tempat indah ini sepi dari turis. Mungkin karena belum dikenal orang, atau ramainya musiman. Lagi-lagi merasa beruntung pergi ditemani penduduk lokal, bisa tahu tempat-tempat unik yang jarang diulas.

IMG_2525b

Let’s search : heart shape, dragon’s head, and hanging woman << kata guidenya loh ini

Keseluruhan gua yang membentuk hati besar. Entah buatan atau alami terbentuk cantik :)

Keseluruhan gua yang membentuk hati besar. Entah buatan atau alami terbentuk cantik 🙂

Setelah puas melihat-lihat dan berfoto , Moe membawa kami ke Raman Waterfall Natural Park. Tempatnya adem dan sejuk. Rimbunan pepohonan berdesakan sepanjang jalan. Di tempat ini ada 10 tingkat air terjun, tapi kata Moe hanya 3 pertama yang aman untuk tempat bermain air. Kolamnya super jernih! Ada banyak ikan kecil berkejaran, membuktikan airnya belum tercemar. Awalnya saya jual mahal gamau basah, tapii… lama-lama ga tahan liat kolam sesejuk itu dianggurin, plus banyak batu yang asyik dipake landasan meloncat.

JBYURRR!!! Amboi segarnyaa!! Ga nyesel deh nyebur walau ga bawa baju ganti. Sayangnya, ga lama setelah saya dan adek berenang, muncul rombongan bule banyakk banget lengkap dengan kostum bikininya. Bubyar deh ketenangan suasana disana, mereka juga kecipak-kecipuk hebok bikin air kolam mengeruh.

IMG_2609

si bule-bule. Grmblgrlgrbrgraoo

si bule-bule. Grmblgrlgrbrgrbl!

Beberapa saat kemudian kami balik ke restoran Moe, bersih-bersih, bantu beres-beres restoran, lalu malamnya jalan-jalan keliling kota. Phang Nga adalah tempat yang hanya berjarak 1,5 jam dari Phuket, yang berarti mereka dekat serta mudah mengakses modernitas. Selain itu banyak turis asing yang berkeliaran dengan gadget canggihnya. Menariknya, orang-orang sana tampak tidak peduli dengan kemajuan jaman. Sebagian rumah tidak memiliki tv, apalagi mall atau bioskop. Supermarket terbesar cuma bangunan 2 lantai yang tidak terlalu ramai. Masyarakat sini lebih suka belanja di pasar tradisional (yang sangat bersih dan teratur dibandingkan pasar dekat rumah saya), dan sangat menantikan event-event seperti pekan raya atau pasar mingguan.

Moe, Somsack, dan Sakoon mengajak kami menikmati hiburan malam sana. Dan tebak apa yang mereka maksud? Sing-a-song! Yup, karaoke atau sing-a-song termasuk hiburan yang paling populer disini. Penduduk Phang-Nga relatif sedikit dibandingkan besar wilayahnya, sehingga beberapa tempat karaoke+bar cukup untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat.  Uniknya lagi, ruangan sing-a-song disini cuma ada 1, yang berarti setiap kita nyanyi seluruh resto bisa mendengar, bahkan ada panggung dan layar super gedenya segala. Kebayang kan, modal gue yang biasa karaoke ngasal-geje di bilik-bilik dengan kemampuan mereka yang biasa nyanyi serius di tengah lampu sorot panggung? JAUHH!! Malu banget deh pokoknya, heheu. Tapi berhubung ga enak sama tuan tumah yang sudah menjamu, terpaksa deh nyanyi 1-2 lagu (itupun milih lagunya penuh perjuangan, karena sepertinya lagu barat terbaru yang diupdate masih sejaman Beatles/Extreme, haha). Dulu perasaan di Indo pernah ada tempat-tempat seperti ini, entah apa kabar nasibnya sekarang. However, that’s a fun night!! Menyenangkan ngobrol dengan mereka walau bahasa inggrisnya ga nyambung, tahu kebiasaan orang-orang sini, dan semakin belajar bahwa hidup sederhana tanpa selalu ingin mengikuti perkembangan jaman rasanya menyenangkan juga. 🙂

IMG_2357a

Dua jempol buat jalan raya Phang Nga yang sangat bersih, luas dan lapang. Suka!

Sing-a-Song

Sing-a-Song

Advertisements