Phang Nga Day #1 – Phang Nga Bay

28-29 Januari 2013

Sehari setelah Singapore Art Stage, kami lanjut menuju Hatyai menggunakan bus malam, diteruskan keesokan harinya dengan bus yang lebih kecil ke kota Phang Nga, Thailand. Tujuan kami yaitu Phang Nga Bay, yang terkenal dengan gugusan batu besar di tengah lautnya.

Hari sudah gelap ketika kami sampai di Phang Nga city. Sudah pukul 8 malam ternyata. Tadinya kami berencana untuk pergi ke Phang Nga Bay malam itu juga dan kemping disana. Tetapi tukang ojek yang kami temui mengatakan jangan, rupanya tempat itu berbahaya di malam hari. Akhirnya kami menginap di restoran dekat ‘halte’, yang terletak di sebelah pos polisi. Moe dan Somsack (pemilik restoran), Sakoon (tukang ojek yang juga pegawai pengadilan), pak polisi lucu yang sok sangar, serta beberapa orang lain akhirnya menjadi teman kami selama seminggu, sekaligus penyelamat yang membuat kami dapat menjalani trip kali ini dengan mewah dan aman. God bless them! 😀

IMG_2814

Me-Sakoon-Mom-Eja-Moe-Somsack @RestoranMoe

30 Januari 2013

Esok paginya kami diantar Somsack ke Phang Nga Bay. Disana kami menyewa perahu sedang, yang jadi agak mahal karena kami hanya bertiga. Tukang perahu kami namanya R-Not, baik dan cukup bisa bahasa Inggris. Fyi, cukup susah untuk bisa menemukan orang lokal yang bisa bahasa Inggris, bahasa Tarzan bahkan terkadang lebih ampuh untuk berkomunikasi.

Berhubung kerir saya ditinggal di restoran, saya bawa ini, produk dari GET. Ransel ini bisa dilipat jadi kecil, dan dibuka saat perlu membawa barang yang lumayan banyak. Simpel dan efisien 🙂 #promosidulu

IMG_1085

Narmada Yellow

Kami naik, dan perahu langsung melaju membelah air yang kecoklatan. Sepanjang kiri dan kanan sungai terdapat bukit-bukit batu yang menjulang. Seandainya airnya biru, pasti pemandangannya akan sempurna.

Perahu kami

Perahu kami

Panak Island

Panak Island adalah pulau pertama yang kita kunjungi. Pulau ini lebih besar dari pulau-pulau yang kami lalui di jalan. Stalaktit raksasanya tampak mengagumkan!

IMG_1382

Panak Island

Panak Island

Yang menarik disini adalah wahana kano. 1 kano bisa dinaiki 2-3 orang plus si pendayung. Kano kami bergerak pelan masuk ke terowongan gua, kemudian menyusuri hutan bakau dengan akar-akarnya yang melang-melintang. Di tengah jalur kami melewati gua yang sangat sempit, tidur melintang adalah keharusan bila tidak ingin kepala terantuk karang. Menegangkan! Saya memelototi batu-batu yang hanya berjarak seinchi dari muka, mengagumi detil stalaktit dan stalakmit yang tak terhidung jumlahnya. Selewat gua menyusul pemandangan laguna yang tenang. Pulau ini memang memiliki semacam rongga yang membentuk laguna di tengah-tengahnya. Bisa juga berenang di perairan situ. Pokoknya perjalanan kano ini sangat recommended untuk dicoba!

IMG_1520

James Bond Island

Pulau ini menjadi salah satu daya tarik setelah menjadi setting film James bond : The Man With The Golden Gun. Nama asli Koh Tapu pun tergeser oleh nama yang lebih terkenal ini. Bentuk batu James Bond ini menarik, besar di atas dan mengecil di bawahnya. Kami mendarat di pulau seberangnya, tempat National Park dan gua Khao Ping Khan berada. Tujuan para turis mampir kesini cuma satu : berfoto ria. Pulau ini sangat ramai, pantainya bahkan dipenuhi kios-kios pedagang. Riuh.

IMG_1743

James Bond Island

Ko Panyi, Desa Nelayan atas air

Ko Panyi adalah daerah yang dipenuhi jejeran rumah-rumah penduduk lokal. Halaman depan, belakang, kiri, kanan semuanya air. Rumah ini dibangun di atas air menggunakan tonggak, dan orang-orang yang tinggal disana harus menggunakan perahu untuk pulang-pergi ke tepian. Ada satu rumah yang dijadikan restoran, dan harganya ternyata mahal! Bisa sampai 200-400 baht sekali makan (60.000-120.000).

IMG_1194

Ko Panyi

IMG_2071

Sepiring buah yang terpaksa dibeli karena sudah telanjur duduk, haha. Tapi mangga Thailand top kenyalnya :9

Selesai makan dan istirahat kami pulang ke dermaga Phang Nga Bay melewati Khao Khien, gua yang dihiasi lukisan kuno. Gambar ikan dan nelayan berwarna cokelat terpampang di atas gua. Niat banget gambar di tempat setinggi itu! ;p

IMG_2111

Rincian biaya:

-Bus SG-Hatyai : SGD $39

-Mobil dari turun travel-terminal bus : THB 80

-Bus Hatyai-Phang Nga : THB 237

Biaya di Phang Nga Bay (untuk 3 orang, tapi bisa jauh lebih murah kalau pergi banyakan) :

– Sewa perahu plus tiket masuk National Park : THB 1600

– Sewa Kano : THB 700

– Buah segar : THB 80

Total : THB 2380

– Makan (di Phang Nga City) : THB 40-50/orang

(1 baht kurang lebih = Rp 300,-)

n.b : Pergi ngeteng sendiri kadang bukan pilihan terbaik. Misalnya kami tidak mengunjungi Hong Island, yang biasanya termasuk dalam tur. Pilihan lain bisa juga mengambil tur dari hotel, THB 1000/orang termasuk makan siang prasmanan, bahkan ada yang include kano juga. Biasanya tur disediakan hotel-hotel di Patong/Karon Beach Phuket atau Krabi.

Advertisements