Sumatera Barat, menyusuri Padang kota, BukitTinggi, sampai Payakumbuh

Melanjutkan tulisan tentang Padang, kali ini saya akan bercerita tentang tempat-tempat wisata menarik yang sempat kami kunjungi minggu lalu.

Setelah sampai ke Padang hari rabu malam, saya, kak Imeh, kak Ridha dan kak Hengky menghabiskan hari Kamis dan Minggu untuk berkeliling Sumatera Barat (minus Jumat-Sabtu saat resepsi pernikahan berlangsung). Kami menyewa mobil sehingga cukup mudah untuk berpergian kemana saja.

Beautiful sunset when we arrived! :)

Beautiful sunset when we arrived! 🙂

Pertama-tama kami pergi ke Jam Gadang Bukittinggi. Jam ini terkenal sebagai ikon Sumatera Barat, layaknya Gedung Sate yang dianggap sebagai ikon kota Bandung. Berhubung hari biasa, suasana disana tidak terlalu ramai. Namun yang unik, ada beberapa anak kecil yang mencari penghasilan dengan mengenakan kostum badut di sekeliling jam. Para pengunjung kerap mengajak mereka untuk menemani foto bersama, lalu memberi mereka sedikit uang untuk imbalannya.

IMG_1027

Jam Gadang Bukittinggi

IMG_1041

-Imeh-Laura-Kak Ridha&Kak Hengky-

Dari Jam Gadang kami menuju Ngarai Sianok, ngarai penuh pepohonan yang terbentuk akibat aliran besar di jaman dahulu kala. Udara di sini sejuk dan menyenangkan, masih banyak monyet berkeliaran disini. Selain itu terdapat banyak stand yang menjual souvenir seperti lukisan, tas, dan baju-baju.

IMG_1095a

IMG_1067

IMG_1108

Setelahnya kami ke puncak bukit untuk melihat Danau Maninjau dari kejauhan. Sayangnya, hari sedang berkabut dan awan menutupi hampir seluruh pandangan kami. Akhirnya kami malah photo session di tengah kabut, haha. Bukit ini juga terkenal dengan kelok 44 nya, beneran ada 44 kelokan curam menuruni bukit, yang semakin licin di kala hujan.

IMG_1144

Aaa,, kebayang kalau hari cerah, pasti air dan pantulan di danau bagus banget

IMG_1148

di bukit entah-apa-namanya

Hari minggunya kami mengunjungi Lembah Harau yang terletak tak jauh dari Payakumbuh. Tempat ini memiliki banyak air terjun, dan ada dua yang dijadikan tempat berendam untuk umum. Saya suka yang di sebelah kanan, dimana pepohonan mengelilingi sebidang kecil lahan, yang berbatasan dengan kolam air terjun. Beberapa warung dan tukang sewa ban tampak memenuhi daerah sekitar kolam.

IMG_1215

IMG_1220

IMG_1256

Senin subuh, berangkatlah kami menuju Riau, karena pesawat kami berangkat dari sana. Jalan-jalan di Padang sebagian terletak di tempat tinggi, dan bahkan di beberapa tempat lebih tinggi dari awan! Kami pun memperoleh pemandangan yang luar biasa sepanjang jalan, sunrisenya pun terasa seperti sedang berada di atas gunung 😀

IMG_1494

IMG_1526

Waktu sampai bandara saya sangat amaze melihat bandara yang besar, luas, dan bersih. Sepertinya ini adalah bandara terbaik di Indonesia yang pernah saya lihat selama ini

IMG_1532

Bagian dalam bandara yang lapang dan segar

IMG_1554

Pemandangan dari jendela pesawat. Bye Sumatera!

IMG_1557

Advertisements