Mengurus Paspor itu Mudah

Awal bulan ini saya membuat paspor baru, untuk memperpanjang paspor lama yang sudah hampir habis masa berlakunya. Semula saya menghubungi salah satu agen pembuat paspor, yang mengatakan biaya untuk mengurus paspor sampai jadi (termasuk biaya pembuatan) adalah 500.000 rupiah. Berhubung sedang berhemat, saya akhirnya pergi ke kantor imigrasi Bandung di Jalan Suropati nomer 82 (jalur angkot bisa naik caheum-ciroyom atau caringin dago yang ke arah suci).

Kantor imigrasi Bandung buka senin-jumat jam 07.30-17.00 (sebaiknya datang sekalian jam 7 pagi supaya tidak lama mengantri).

Persyaratan yang dibutuhkan untuk pembuatan paspor :

1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (kita HARUS membeli map berwarna kuning di koperasi untuk memperoleh formulir ini)

2. Melampirkan berkas-berkas sbb :

3. Materai 6000

Diperlukan minimal 3 kali bolak-balik untuk mengurus paspor.

Hari pertama, saya datang membawa berkas-berkas dan memasukkannya ke loket. Setelah berkas lengkap, saya disuruh datang 2 hari kemudian untuk pembayaran, pengambilan foto beserta sidik jari, dan pengecekan data akhir. Pembuatan paspor memakan waktu 6 hari kerja, dan eng ing eng… saya pun memegang izin berpergian untuk 5 tahun ke depan.

Paspor lama dan baru

Oiya, bagi yang ingin mengambil paspor lamanya harus mengisi form beserta materai 6000 (lagi). Total biaya plus ongkos yang saya keluarkan kurang lebih 300rb, lumayanlah menghemat 200 ribu dengan mengurus sendiri 🙂

Rincian biaya  :
– map + sampul paspor  : Rp 15.000,-
– materai 6000  : Rp 7.000,-
– biaya pembuatan paspor  : Rp 255.000,-

Advertisements