Titik

Bermula pada tahun 2009, ketika saya mencoba untuk backpacker ke Jogja menggunakan kereta ekonomi. Awalnya saya agak merasa takut, apalagi kereta ekonomi semasa itu masih belum teratur. Jumlah orang yang tidak manusiawi, para pedagang yang seolah tak ada habisnya, dan udara pengap yang menyertai sepanjang perjalanan. Rasanya saya masih bisa mengingat detil perjalanan itu dengan jelas, termasuk mas-mas di depan kami yang sembarangan meletakkan kakinya dimana saja.

Namun rasanya dalam perjalanan itu pula saya menemukan sesuatu yang belum pernah saya alami sebelumnya. Jam-jam di kereta yang dipenuhi canda tawa berbumbu serangga, sapaan orang asing, ketidakjelasan rute, sampai menelusuri jalan tikus yang terkadang membawa kepada hal yang menarik.

Perjalanan ke Rinjani, Merapi, Sempu, Semeru, dan sebagainya membuat saya semakin bersemangat untuk menjelajah. Saya mencintai gunung dan pantai, kebudayaan yang beragam pun tak kalah menjadi magnet yang menarik. Dunia itu luas kawan, dan saya sangat berhasrat untuk merekam sebanyak mungkin bagiannya; meninggalkan sedikit jejak serta membawa segudang memori.

Blog ini berisi catatan perjalanan, hal-hal yang menarik bagi saya, tips yang mungkin berguna disertai foto-foto.

Just enjoy! 🙂

